CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 16 Februari 2009

Pengertian Mail Marge

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering membuat surat yang sama untuk tujuan berbeda.Contohnya,surat undangan,surat panggilan kerja,dan laporan.Semua mempunyai format surat yang sama tetapi dengan tujuan yang berbeda-beda.
Dengan menggunakan Ms.Word,pembuatan surat ini dapat dilakukan dengan cepat dan hasilnya sangat baik.Hal ini karena MS.Word,memiliki fasilitas mail merge (surat massal) dan merupakan salah satu kehandalan dari MS.Word.Untuk membuat mail merge dibutuhkan dua buah data,yaitu master surat dan data.
Master surat adalah bentuk surat yang akan kita buat dengan variasi tertentu,sedangkan data adalah bagian surat yang akan diubah-ubah isinya.
Dalam data ada yang field,yaitu bagian data yang isinya sama.Sedangkan,bagian uth dari satu data yang berisi masing-masing field disebut record.record merupakan kumpulan dari field.

0 komentar: